Gejala dan Pengobatan Penyakit Lupus

Gejala  dan Pengobatan Penyakit Lupus
Gejala  dan Pengobatan Penyakit Lupus – Mungkin ketika kita mendengar kata lupus, kita tidak pernah terpikirkan arti kata tersebut kepada sebuah nama penyakit. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa lupus merupakan sebuah nama penyakit yang cukup berbahaya.

Pengertian penyakit Lupus adalah Penyakit Inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. 

GEJALA PENYAKIT LUPUS
Gejala penyakit Lupus mirip dengan peyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejalanya beragam, ada yang ringan dan juga berat dan bahkan dapat mengancam jiwa. Perlu diketahui bahwa penyakit ini tidak menular tetapi bisa berbahaya bahkan bisa mematikan. 

Inflamasi akibat penyakit lupus dapat menyerang bagian tubuh diantaranya:
·         Kulit
·         Sel darah
·         Paru-paru
·         Sendi
·         Jantung

Secara Umum gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah :
      1.      Rasa Lelah
Inilah gejala paling umum pada penyakit ini yang sering dikeluhkan para penderita. Rasa lelah yang ekstrem sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Banyak penderita yang menyatakan bahwa gejala ini merupakan dampak negatif terbesar dari penyakit ini dalam kehidupan mereka.

Melakukan rutinitas sehari-hari yang sederhana, misalnya tugas rumah tangga atau rutinitas kantor, dapat membuat penderita penyakit ini sangat lelah. Rasa lelah yang ekstrem tetap muncul bahkan setelah penderita cukup beristirahat.

      2.      Ruam pada Kulit
Yang menjadi ciri khas penyakit ini adalah ruam yang menyebar pada batang hidung dan kedua pipi. Gejala ini dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu (butterfly rash) karena bentuknya yang mirip sayap kupu-kupu.

Bagian tubuh lain yang mungkin ditumbuhi ruam adalah tangan dan pergelangan tangan. Ruam pada kulit akibat penyakit ini dapat membekas secara permanen dan bertambah parah jika terpapar sinar matahari akibat reaksi fotosensitivitas

      3.      Nyeri pada Persendian
Gejala utama lain dari penyakit ini adalah rasa nyeri. Gejala ini umumnya muncul pada persendian tangan dan kaki penderita. Rasa nyeri juga mungkin dapat berpindah dengan cepat dari sendi satu ke sendi lain.

Tetapi penyakit ini umumnya tidak menyebabkan kerusakan atau cacat permanen pada persendian. Itulah yang membedakan penyakit ini dengan penyakit lain yang juga menyerang persendian.

Penderita lupus di dunia dipercaya mencapai lima juta jiwa. Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita pada usia 15-50 tahun (usia masa produktif). Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa lupus juga dapat menyerang anak-anak dan pria.

Menurut data dari Yayasan Lupus Indonesia (YLI), jumlah penderita lupus di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 12.700 jiwa. Jumlah ini kemudian meningkat menjadi 13.300 jiwa pada tahun 2013.


Itulah Gejala  dan Pengobatan Penyakit Lupus yang dapat saya share. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment